Jas Pengantin Pria

Jas Pengantin Pria

Dalam Pernikahan, pusat perhatian dari undangan tidak hanya pada bride atau mempelai wanita. Namun juga pada pengantin pria. Seringkali penampilan mempelai pria tidak terlalu diperhatikan karena untuk merias yang banyak menghabiskan waktu dari mempelai wanita. Pemilihan gaun juga banyak dihabiskan waktu untuk memilih gaun untuk mempelai wanita. Namun penampilan groom dengan jas pengantin pria, seharusnya juga diperhatikan karena kedua mempelailah yang menjadi pusat perhatian dari undangan.

Kali ini kita akan mengulas Jas pengantin pria namun khusus kita akan mengulas jenis jas pengantin pria tuxedo. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jas tuxedo, diantaranya:

Jenis – Jenis model Jas Pria

kita akan melihat beberapa style Jas pengantin pria yang telah populer. Mungkin bisa jadi referensimu saat berjalan di acara pernikahanmu, berikut daftarnya:

British Sytle

Sering dipakai pada masa kolonial Inggris sejak abad 19. Namun dari model dan potongan jasnya telah mengalami beberapa perubahan lebih simple. Dari Jas bagian atas, jas pengantin pria ini mempunyai posisi kancing lebih rendah. Sedangkan untuk bagian celana dibuat dengan model lancip. Sehingga lebih elegan saat dipakai

Tuxedo

Jas jenis ini memang cocok digunakan di berbagai acara formal. Dengan bentuk kerah yang sedikit melengkung dari kebanyakan model jas lainnya. Tuxedo biasanya dibuat sedikit mengkilap dan bahan yang ideal untuk Jenis ini adalah bahan Wol Silk. Untuk lebih jelas bisa dilihat di bagian bawah artikel ini.

Tuxedo Style with bow tie
Jas Pengantin Pria dengan dasi kupu-kupu

Double Breasted

Jenis jas ini cocok dikenakan oleh pria yang memiliki postur tubuh yang tinggi besar. Karena model ini seperti membalut tubuh pemakainya hingga dada atas. Biasanya ada 4 -6 kancing yang terpasang dan cukup populer di kalangan pria di Italia dan Spanyol

Single Breasted

Untuk Jas Pria jenis ini , modelnya lebih simple dengan beberapa mode: model kancing 2, kancing 3 dan kancing 4. Pria yang suka kasual biasanya mereka memilih yang kancing 2, karena lebih terkesan santai tanpa harus dibalut dengan dasi

Dinner Suit

Jas jenis ini sering disebut Semi -formal karena terkesan lugas namun rapi. Tema yang cocok untuk model jas ini adalah Outdoor wedding di Ranch, Garden (kebun) wedding, dan tempat bertema alam lainnya. Jas ini tidak memerlukan pendamping dasi, supaya kesan kasual nya tetap terjaga.

Italian Style

Jas jenis italian style mempunyai perbedaan dengan British style, yakni pada 2 lekukan di pinggang dan ventilasi di bagian belakang. Pria di Milan khususnya berpenampilan modis dengan Jas bergaya Eropa selatan ini.

Jas Velvet

Memiliki warna dan bahan yang unik, jas velvet sangat cocok digunakan di acara pernikahan indoor dan tentunya bertemperature dingin. Karena dari bahan nya. jas ini tidak terlalu nyaman jika dipakai dalam ruangan atau ballroom yang hangat .

Summer Suit

Bagi pasangan yang ingin melangsungkan pernikahannya di daerah tropis. Salah satu jas yang cocok daerah ini haruslah berbahan tipis dan menyerap keringat. Sehingga pemakai tetap nyaman dalam mengenakannya.

Bahan Jas

Ada beberapa bahan yang sering dan dapat direkomendasikan kepada groom yang mencari Jas pengantin pria. Di dalam dekade terakhir, tidak banyak perubahan bahan untuk pembuatan jas. Semua tergantung dari tema yang diusung serta venue wedding berlangsung. Karena sekali lagi pemilihan bahan yang tepat akan mempengaruhi kenyamanan pengantin pria menikmati acara pernikahannya

Bahan Wol

  • Bahan Wol – merupakan bahan jas yang paling mahal diantara bahan lainnya karena mempunya tekstur yang lembut namun cenderung berat. Tapi bahan ini sangan dipakai oleh penggunanya karena tidak panas alias adem. Untuk membuat jas jenis ini, disarankan memilih penjahit (tailor) yang telah berpengalaman. Karena perlu keahlian dalam menjahit dan finishingnya. jangan sampai bahan yang mahal tapi finishing nya mengecewakan.

Bahan Wol Silk

  • Bahan ini banyak diminati oleh kebanyakan pengantin pria dan menjadi tren. Diantara bahan wol silk yang terkenal shining wool italy dan wool silk Italy. Harga dan kualitas tidak jauh beda dengan bahan full Wol. Bahan ini sangat sesuai dengan Jas Tuxedo sehingga jas terlihat bersinar dengan efek cahaya.

Bahan Semi Wol

  • Dari bahan-bahan lainnya. Semi Wol harus diakui menjadi alternatif pengantin pria dalam memilih bahan ini karena tidak menguras kantong terlalu dalam. Dengan Semi WOL , biasanya harga bisa dipangkas hingga 30% – 40% tergantung kombinasi bahan lain yang disematkan.

Jadi apa sudah jelas ulasan diatas dan jas mana yang sesuai dengan karakter dan selera mu. Untuk artikel lain seputar gaun pernikahan dan modelnya bisa di link ini

Untuk gaun pengantin , mempelai mempunyai 2 pilihan antara membuat baru atau menyewa di bridal boutique terdekat. Kalau kebetulan venue weddingmu di Bali. Silahkan singgah ke boutique kami, ada berbagai koleksi Jas Pengantin Pria yang bisa anda pilih dengan harga yang terjangkau. Lihat Katalog kami Jas Pria